Hari Kesepuluh yang Menantang

Biasanya pada game ini saya melaporkan tantangan per hari nya di waktu sahur atau subuh, tapi di hari kesepuluh ini saya berniat melaporkannya setelah rencana saya selesai di siang harinya.

Rencananya siang tadi saya membeli perlengkapan untuk membuat daftar literasi, tetapi berhubung besok saya dan anak-anak berencana untuk mudik, jadi banyak sekali yang harus saya siapkan seharian ini. Karena itu rencana membuat daftar literasinya ditunda dulu 😢. Maaf ya nak…

Untuk menggantinya saya hanya bisa menceritakan kisah yang sudah sering didenger orang, yaitu kisah bebek si buruk rupa dan kisah gadis kecil penjual korek. Sekali lagi maafkan ibu ya nak…😢
Bekasi

18 Juni 2017

tata.pakerti

#hari10

#tantangan10hari

#gamelevel5

#firstthingtochangeimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Tantangan Hari Kesembilan

Semalam anak-anak punya request cerita sendiri-sendiri, kakak minta cerita Shadowland karya Nick Ward, sedangkan dedek minta cerita The Dreambeast karya John richardson. Berasa seperti sudah jadi kebiasaan sebelum tidur buat mereka.Tapi kadang satu atau dua cerita nggak cukup buat mereka 😅, bukan karena apa, ibunya kalo udah cium bau kasur sama bantal bawaannya pengen merem aja. Terimakasih ya anak-anak udah kasih semangat untuk membaca dan berdongeng sebelum tidur, kalo kalian nggak semangat mungkin ibu pun nggak sesemangat ini 😂😘.
Bekasi

15 Juni 2017

tata.pakerti
#hari9

#tantangan10hari

#gamelevel5

#firstthingtochangeimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Randomnya Hari Kedelapan

Seperti halnya judul post ini, kemaren adalah hari dongeng random sedunia. Demi mengontrol emosi dedek yang sedang merajuk main gadget untuk menonton video saya menuruti semua keinginannya, yang penting dia lupa akan video di gadget saya 🙈. Saya keluarkan buku kesukaan dia, lalu saya minta dia untuk membuka halaman mana yang ingin dia dengarkan ceritanya. Namanya dedek kalo nggak bolak-balik buku ya bukan dedek namanya 😂. Jadi belum selesai saya selesai membaca halaman yang dia tunjuk, dia udah balik lagi halaman laen, begitu terus. Kalo seperti itu nggak dapata cerita apa-apa nantinya. Akhirnya terpaksa saya keluarkan imajinasi saya dalam bercerita. Saya susun kalimat yang sesuai dengan gambar apa yang sedang dibuka, begitu terus saya sambung-sambungn dengan cara dedek membuka buku secara random 😅. Sukses ya dek ngerjain ibuk 😘.
Bekasi

14 Juni 2017

tata.pakerti
#hari8

#tantangan10hari

#gamelevel5

#firstthingtochangeimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Tantangan Hari Ketujuh

Semalam ada perubahan pada kemampuan dan keinginan baca Dedek Nayla. Biasanya setiap sesi dongeng atau baca buku, dia yang paling heboh lari sana lari sini, nggak ada atensi sama sekali. Tapi semalam entah kenapa dia mulai bisa menunjukkan atensinya. Dia sudah bisa sedikit fokus, walaupun tetap saja di tengah-tengah dia minta yang lain, pinjam HP lah, minta cerita yang lain, ngasih buku yang lain, tapi setelah saya bilang “bentar ya dek…ibuk belum selesai cerita yang ini”, dia bisa kembali fokus mendengarkan 😇, gud job nak 👍. 

Semalam adalah cerita berjudul ” A Letter To Granny” karya Pauk Rogers and John Prater. Sedikit excited sih saat menceritakan ini, karena Kakak Almira pun pernah punya pengalaman menulis surat untuk Eyangnya 😊. Jadi saya pun bisa memancing kakak untuk bercerita. Apalagi di cerita ini ada gambar hewan ya nak, wooow seruuuuu!!! 😁

Besok apa lagi yaaa 💃💃💃
Bekasi

14 Juni 2017

tata.pakerti
#hari7

#gamelevel5

#tantangan10hari

#forthingtochangeimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Tantangan Hari Keenam

Cerita kali ini adalah pilihan Kakak Almira, judulnya Counting Cows karya Dyan Sheldon dan Wendy Smith. Kebetulan anak-anak suka banget sama hewan, jadi saat saya tunjukkan gambar daftar isi, kakak langsung pilih gambar sapi 😁. Ceritanya tentang Dara, anak cewek yang susah mau tidur, ini mirip banget sama Adek Nayla 😅. Ayahnya menyuruh Dara untuk coba menghitung domba, tapi dia nggak suka sama domba, sukanya sama sapi. Lalu ayah Dara meminta dia untuk membayangkan peternakan luas, dengan sapi-sapi berkeliaran lalu menghitung jumlahnya. Yang unik dan mengingatkan saya dengan si adek, Dara ini suka sekali berkhayal, daya imajinasinya tinggi, dan nggak mudah untuk diarahkan. Kalau punya satu keinginan selalu berpegang teguh. Dan selalu punya alasan jika ditanya terus menerus 😅. Kembali ke cerita Dara dan ayah. Si ayah meminta Dara membayangkan sapi-sapinya digiring masuk ke kandang, tapi Dara berimajinasi kalau sapinya sedang berdansa. Ayah meminta lagi, tapi Dara membayangkan sapinya sedang memetik bunga untuk hiasan topinya, kalau enggak si sapi lagi mandi di bak mandi, atau lagi bergelantungan di pohon, begitu seterusnya sampai ayahnya kelelahan sendiri, dan malah tertidur duluan. Mirip banget kan sama ibuk 😂🙈.
Bekasi

13 Juni 2017

tata.bekasi
#hari6

#gamelevel5

#tantangan10hari

#forthingtochangrimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Tantangan Hari Kelima

Kemaren saya cari-cari lagi stock buku yabg belum sempet dibaca anak-anak, alhamdulillah ada satu buku kumpulan bed time stories, lagi-lagi berbahasa asing. Yang saya ceritakan kemaren adalah cerita tentang “My Blanket is Blue” karya Hilda Offen. Ceritanya cukup simple tentang petualangan khayalan seorang anak laki-laki dengan selimut birunya dengan teman peliharaannya dan boneka kesayangan.


Kegiatan membaca sebelum tidur ini semakin membuat anak-anak senang dengan buku, walaupun saya belun sempat mengajak mereka ke perpustakaan atau toko buku, karena akhir-akhir ini cuaca di luar puanasnya naidzibillah…ibuk harus pintar-pintar kaga stamina dan energi nih nak. InsyaAllah setelah puasa kita maen ke toko buku atau perpus terdekat ya nak :).
Bekasi

12 Juni 2017

tata.pakerti
#hari5

#gamelevel5

#tantangan10hari

#forchangethingimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Tantangan Hari ke 4

Di hari ke-4 ini, saya baru sempat menambah cerita sahabat Rasullullah yang ketiga, yaitu kisah Ustman bin Affan. Sambil bercerita saya pin mengenalkan  beberapa kosakata baru untuk si kakak, sedikit menggelikan karena kadang dia malah menjawab diluar ekspektasi saya. Sambil bercerita saya pun menggunakan momen ini untuk menyisipkan nasihat-nasihat baek untuk mereka, semoga saja kelak ada ibrah yang bisa mereka dapat dan aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Oiya, beberapa hari ini pun saya menambahkan latihan tulia dan baca si kakak. Mereka memang sedang suka-sukanya maen HP saya, seringnya mereka mencari gambar-gambar kartun di web browser. Dari situ saya mengajar kakak untuk menulis sendiri gambar apa yang ingin dia cari, sambil memperkuat hafalan huruf dan kemampuan baca tulisnya.
Bekasi

11 Juni 2017

tata.pakerti
#hari4

#gamelevel5

#firstthingtochangeimustchangefirst

#kuliahbunsayiip

Book are Dreams

a book is a dream that you hold in your hand

– Neil Gaiman –

Quote inilah yang saya tulis besar-besar di kamar anak-anak. Dari quote ini pun saya terinspirasi untuk membuat daftar literasi berupa balon warna-warni yang saya tempel di dinding dengan ilustrasi gambar anak-anak yang sedang memegang erat balonnya. Sayangnya sampai sekarang belom terealisasi 🙈., baru quote yang tertulis besar-besar di salah satu dinding kamar mereka 😂.

Kemaren, saya pun baru sempat membacakan buku yang sudah sering mereka baca atau dengarkan, yaitu tentang kisah seorang anak kecil yang bertemu dengan singa ketika sedang keliling hutan. Ini juga buku cerita asing. Gambarnya sangat menarik perhatian anak-anak dan anak-anak seneng banget kalau dibacain cerita ini terus-terusan. InsyaAllah hari ini diceritain buku baru lagi ya nak 😘.

#hari3

#gamelevel5

#tantangan10hari

#kuliahbunsayiip

#forthingstochangeimustchanefirst


Bekasi

10 Juni 2017

tata.pakerti

Tantangan Hari Ke-2

Kali ini jam bermain dedek saya isi dengan menceritakan buku yang sudah kami beli. Judulnya “Angelina on Stage” karya “Katharine Holabird”. Kebanyakan buku cerita yang sudah saya beli adalah buku import berbahasa Inggris. Tujuannya sekalian mengenalkan mereka bahasa asing 😁. Dedek emang belum ada di usia yang bisa duduk fokus, jadilah seperti yang tampak di gambar (maafkan gambar dedek yang lagi makan permen ya teman-teman 😂). Dia berhasil duduk manis cuma hitungan detik 😅 setelahnya tangannya sibuk melakukan hal yang lain, yang makan permen lah, yang bolak-balik bukunya, yang malah nanya ini itu ini itu, yamg loncat-loncat, macem-macem pokoknya, tapi saya tetep ngoceh dengan cerita saya. Harapannya ada cerita saya yang nyantol di kepala dia 😂. 

Malam hari, sebelum mereka tidur, mereka minta dibacain buku lagi, terutama si kakak. Dia yang sudah bisa ngerti klalo dibacain cerita. Kali ini melanjitkan kisah sahabat Rasulullah SWw, yaitu Umar bin Khattab. Banyak kosakata baru sebenarnya dari membacakan buku cerita ini, jadi bisa menambah kamus bahasa mereka walaupun ada beberapa kata yang ibunya sendiri kewalahan ngejelasinnya 🙈, seperti, ksatria, ilmu, dll, kadang malah saya ganti dengan kata-kata yang mudah dia mengerti. Di saat kakak asyik mendengarkan dongeng saya, bisa ditebak apa yang dilakukan adek, dia sibuk loncat sana loncat sini, nyusun bantal dan selimut 😅. Malam ini sayang sekali fisik saya kurang begitu baik, jadi sebelun selesai semua ceritanya, saya terpaksa menyudahinya.

#hari2

#gamelevel5

#tantangan10hari

#kuliahbunsayiip

#forthingstochangeimustchanefirst


Bekasi

9 Juni 2017

tata.pakerti

For Things To Change, I Must Change First

Tantangan level 5 kali ini adalah menumbuhkan minat baca pada anak. Seperti hal nya judul di atas, untuk mewujudkan itu, artinya saya sebagai ibu yang harus, terlebih dahulu memberi contoh. Itu tantangan yang berat 😂 karena minat baca saya termasuk rendah. Saya suka banget lihat buku, apalagi kalau ke toko buku atau perpustakaan, mata saya pasti berbinar-binar, tapi entah kenapa minat baca saya tidak setinggi itu, perlu ada stimulus, atau waktu khusus untuk menumbuhkannya. Jadi tergantung mood, situasi dan kondisi, barulah keinginan baca saya bisa maksimal 😅. 

Nah, kondisi saat ini, sebelum saya dapat tantangan ini, saya sudah mulai menerapkan untuk menumbuhkan minat baca kepada anak-anak, dengan memberi mereka buku-buku bacaan, dan membacakannya sebeluk tidur, cuma satu yang kurang, konsisten 😂.

Tantangan ini saya mulai dengan membacakan buku yang sudah saya beli tapi belum sempat saya bacakan untuk mereka. Karena buku ini lebih banyak tulisan daripada gambarnya. Karena di usia mereka, seneng banget kalo ada baca sambil lihat gambar, imajinasinya mulai muncul. Buku ini tentang cerita kisah sahabat nabi, mumpung nuansanya sesuai karena lagi puasa 😁. Hari pertama saya bacakan tentang Abu Bakar as Shidiq. Si kakak lumayan exited, walaupun kadang perhatiannya terpecah dengan tingkah dedek yang belum begitu fokus 😅. Tapi alhamdulillah meskipun kadang kurang gokus, mereka masih penasaran atau menyuruh saya untuk melanjutkan ceritanya, sampai kadang saya setengah sadar bacanya, karena rasa ngantuk kalo udah deket bantal datang lebih cepat 😂, maaf ya nak.

Segitu dulu cerita tantangan hari pertamanya, untuk gambar menyusul, karena rempong bacain buku sambil foto-fotoo, yang ada mereka malah lebih tertarik dengan HP saya 😅.
#hari1

#gamelevel5

#tantangan10hari

#kuliahbunsayiip

#forthingstochangeimustchanefirst
Bekasi

8 Juni 2017

tata.pakerti