Cerdas Finansial : Hari ke 10

Setelah mutasi ke bagian lain, suami jadi serin dinas ke luar kota, hampir setiap dua minggu sekali, dan anak-anak agak sedikit protes 😁. Akhirnya kemaren waktu pulang dinas, tumben-tumbenan saat saya jemput, suami minta mampir dulu ke toko mainan. Ternyata dia merasa sedikit bersalah dengan anak-anak dan ingin memberikan kompensasi oleh-oleh kesukaan mereka. Bisa ditebak donk? Iya…mainan 😁. 

Awalnya suami pilih mainan yang harga nya hampir ratusan, tapi saya ingin mengajarkan kesederhanaan kepada anak-anak, jadi saya minta suami untuk ganti mainan yang setengah harga aja. Biar anak-anak juga nggak terbiasa beli mainan mahal 😁.

Jangan tanya gimana reaksi anak-anak, pastinya seneeeng banget. Tapi sehari kemudian terjadilah insiden, si kakak tiba-tiba marah-marah mainan barunya dipake sama adeknya, padahal dua-duanya dibeliin sama. Disitu saya marah, dan langsung kasih ultimatum ke anak-anak, kalau saya nggak mau lagi beliin mainan kalau nggak ada momen penting, karena hampir setiap sabtu minggu, saat saya pergi ke pasar mereka selalu minta mainan walaupun harganya nggak lebih dari 5 ribu perak πŸ˜….

Dan tadi pagi, saya pun pergi ke pasar, mereka tentu saja ikut, dan pasti minta mainan lagi 😒. Tapi saya sudah terlanjur bilang ke mereka kalau saya nggak akan beliin mereka mainan lagi. Dan alhamdulillah mereka menerima konsekuensinya, dan mereka sadar bahwa yang kemaren mereka lakukan terutama kakak, adalag salah. Ini bukan hanya mengajarkan tentang berbagi mainan dengan saudara, tapi juga tentang berhemat 😁.
Bekasi

30 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Advertisements

Cerdas Finansial : Hari ke 9

Kamis kemaren jadwal TPQ Almira adalah praktek sholat dan amal jariyah. Alhamdulillah setelah beberapa kali saya merasa si kakak rada manja dan pemalu, kemaren dia mulai mandiri seperti biasa. Saya pun tidak perlu menemani di daka. kelas karena udaranya lagi gerah. Saat praktek sholat pun, kakak langsung pergi ke masjid tanpa acara nempel dan narik2 ibunya, πŸ˜… kamu makin dewasa nak. Setelah praktek sholat barulah anak-anak beramal, menyisakan sedikit uang jajannya untuk dimasukkan ke dalam kotak amal masjid. Dan Kakak Almira otomatis langsung minta uang ke saya, diikutin si kecil 😁. Alhamdulillah walaupun nggak setiap hari, setidaknya kakak dan adek punya inisiatif untuk beramal. Gud job nak πŸ‘.
Bekasi

28 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 8

Kemaren saya mulai beres-beres baju dan perlengkapan untuk kelahiran anak ketiga. Prediksi dokter jenis kelamin anak ketiga kami adalah laki-laki, dan tentu saja perlengkapannya berbeda, seperti baju, celana, dll. Tetapi berdasarkan pengalaman sebelumnya, baju anak usia 0-3 bulan nggak bakal kepake lama, jadi saya pilihin baju kakak-kakak yang sekiranya cocok untuk anak laki 😁. Tapu sebelum itu saya ijin dulu sama mereka. Supaya mereka merasa dilibatkan dalam kehadiran anggota baru. Saya minta ijin untuk meminta baju dan celana mereka yang sudah kekecilan untuk diberikan ke dedek bayi. Alhamdulillah respon mereka positif. Mereka pun ikut bantuin milih-milih. Sambil milih dan beres-beres saya jelaskan ke mereka, kalau kita masih punya barang yang bisa dipakai, daripada beli baru lebih baik memanfaatkan yang ada. Boleh beri baru tapi harus lihat kondisi, secukupnya saja, jadi kita bisa hemat untuk keperluan lainnya 😊. Semoga advice saya cukup bisa dicerna oleh anak-anak 😁.
Bekasi

27 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 7

Beberapa hari yang lalu saya ada keperluan di bank, dan sengaja nunggu Kakak Almira pulang sekolah, supaya bisa ajak dia sekalian. Saya pengen ngenalin apa itu bank, dan tujuannya kesana apa. Walaupun capek sekolah, tapi datang ke bank tetep bikin Kakak Almira semangat 😊. Sebelum ini dia pun pernah saya ajak ke bank, tapi ya sebatas ajakan biasa, tapi kali ini sekalian menjelaskan sedikit apa fungsi bank, dan tugas-tugas nya, tentu dengan bahasa sederhana 😊. Lain kali ke bank lagi ya nak, kita bikin rekening beneran buat kakak.
Bekasi

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 6

Sudah 3 kali Almira menabung di sekolah, walaupun bukan seperti datang ke bank, tapi setidaknya ada buku tabungan yang nggak jauh beda dengan di bank. Biasanya saya berikan uang tabungan itu setiap hari Jum’at. Kenapa? Karena sekalian berinfaq dan berwakaf, kebetulan di sekolah sefang ada program wakaf untuk pembangunan sekolah. Hari Jum’at semacam hari istimewa bagi umat Islam, semoga dengan merutinkan seperti ini, bisa menumbuhkan jiwa beramal dan menabung pada diri kakak Almira 😊.
Bekasi

25 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 5

Sabtu kemaren saya ikut kursus baking di deket rumah. Setelah sekian lama berencana, akhirnya kesampaian juga, karena baking roti semacam passion buat saya, dan roti adalah makanan favorit kami sekeluarga πŸ˜‚.

Selama kursus saya bertemu dengan ibu-ibu yang sudah punya pengalaman lebih, pengalaman parenting dan baking tentunya. Ada satu ibu yang sangat menginspirasi saya, dia menceritakan bahwa dia punya 5 anak, dan 4 adalah anak perempuan. Kebanyakan yang sudah dewasa dan mandiri sering bikin masakan atau makanan ringan kemudian dijual di sekolah, dan itu tanpa sepengetahuan ibunya. Kemudian saya pun terinspirasi 😊.

Esoknya saya langsung praktekkan hasil kursus saya bareng sama anak-anak. Sambil praktek saya pun berpesan kepada kakak. Besok kakak kalo udah paham uang, kakak boleh loh jualan di sekolah. Bawa roti bikinan kakak sendiri, lalu dijual di sekolah, ditawarin ke temen-temen kakak saatt istirahat 😊. Dia pun excited banget. Lalu saya bilang, enak loh kak hasil jualannya bisa ditabung trus kalo udah kekumpul banyak, kakak bisa beli apa yang kakak pengen πŸ˜€.

Bekasi

24 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 3

Setiap sore kegiatan anak-anak adalah mengaji di TPQ masjid dekat rumah. Kebetulan sekarang ada program baru di TPQ, namanya kamis amal. Jadi setiap hari kamis, kegiatan utamanya adalah praktik sholat, lalu dilanjutkan dengan beramal seikhlasnya untk disalurkan ke kotak amal masjid. Pas bagian ini anak-anak seneng banget, pasti minta duluan, “minta uang buk…buat amal” 😊 seneng rasanya, artinya mereka punya jiwa bersedekah sejak umur balita. Dijaga terus sampai akhir hayat ya nak 😘😘😘. Berapapun amalnya, insyaAllah akan jadi catatan pahala bagi kalian dan tentu juga buat ayah dan ibuk 😊.
Bekasi

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 2

Menyambung percakapan dengan Kakak Almira tempo hari terkait bagaimana mengatur uang, saya memberinya ilustrasi sebagai berikut :

Ibuk : Kalau kakak dikasih uang atau dapat uang 100rb, yg 50rb kakak tabung di celengan atau di tabungan, yang 25rb bisa buat beli jajan atau kebutuhan kakak saat ini, dan 25rb sisanya kakak sedekahkan ke orang yang membutuhkan atau ke kotak amal

Kakak : Kenapa buk?

Ibuk : Kakak tau nggak, uang yang kakak dapat ini sebenarnya datang dari Allah, tapi Allah titipkan lewat ode, jadi kakak harus terimakasih ke Allah melalui sedekah, nanti insyaAllah, Allah akan ganti 10 kali lipat, gitu seterusnya.

Kakak : gitu ya buk, sedekah itu buat bersyukur ya?

Ibuk : iiih kakak pinter banget 😘😘😘
Alhamdulillah semoga memang dia benar-benar paham arti syukur dan cara mengatur uang yang baru saya jelaskan kemaren πŸ˜….
Bekasi

14 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#kuliahbunsayiip

#cerdasfinansial

Cerdas Finansial : Hari ke 1

Kebetulan kemaren kedatangan saudara dari Jawa. Anak-anak seneng banget didatangin sama odenya, apalagi pulangnya dikasih amplop πŸ˜…, trimakasih ode udah mau nyempetin mampir rumah padahal acaranya padat banget 😘. Momen yang pas banget buat ngobrolin masalah finansial ke anak-anak.

Kakak Almira sebenarnya sudah paham tentang menabung, di rumah pun dia punya celengan sendiri yang biasanya dia isi dari uang pemberian saudara. Dan uang yang di dapat kemaren pun langsung dia masukkan ke celengan. Tapi saat saya anjurkan untung ditabung di sekolah, dia menolak πŸ˜…. Kebetulan juga di sekolah ada kegiatan menabung, walaupun opsional. awalnya saya nggak minta buku tabungan ke ibu guru, tapi ternyata kakak sendiri yang minta untuk menabung, mungkin dia pengen ikutan seperti teman-temannya. Nah, maksut saya uang yang ada di celengan saya suruh masukkan ke tabungan, tapi si kakak nggak mau. Dari situ saya mulai jelaskan, darimana uang itu berasal, dan harus seperti apa penggunaannya, termasuk bagaimana untuk menyisihkan sebagian untuk sedekah. Alhamdulillah kakak senang dengarnya.
Bekasi

13 September 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level8

#cerdasfinansial

#kuliahbunsayiip

Semua Anak adalah Bintang : Aliran RasaΒ 

Alhamdulillah tantangan 10 hari sudah saya selesaikan, walaupun jujur saja untuj level ini saya kurang dapat feel nya πŸ˜… mungkin karena masih bingung bagaimana cara menggali potensi anak-anak. Jadi ya…proses pengerjaannya seasalnya aja huhuhu πŸ˜– maafkan ibu ya nak yang belom maksimal. Semoga level depan saya bisa lebih fokus lagi, aamiin…
Bekasi

8 September 2017

tata.pakerti
#aliranrasa

#level7

#kuliahbunsayiip

#bintangkeluarga