Grab Your Imagination : Aliran Rasa

Berimajinasi memang bukan hal yang mudah, seperti beberapa kali saya perlu mencari inspirasi dari dongeng-dongeng yang sudah ada, apalagi jika harus menambahkan nilai-nilai tertentu dalam ceritanya. Hal kedua yang menjadi tantangan saya adalah, membuat anak-anak paham dengan inti dongeng yang saya ceritakan. Intinya mendongeng itu susah 😅. 
#aliranrasa

#level10

#tantangan10hari

#grabyourimagination

Advertisements

Grab Your Imagination : Day 10

Ada seorang anak penebang kayu yang setiap harinya menebang kayu. Suatu hari dia harus menebang kayu di dekat sungai, dan tiba-tiba dia terpeleset dan palu yang disayangi dan satu-satunya yang dia punya, hanyut hilang di sungai. Si anak sedih, dia cuma punya satu palu dan itu satu-satunya mata pencaharian dia.

Seharian sibanak mencari di sungai, tiba-tiba muncul peri sungai penunggu sungai tersebut. 

P : Apa yang sedang kau lakukan disini nak

A : Aku sedang mencari paluku

P : Palumu kenapa?

A : Paluku hilang hanyut di sungai ini

Lalu peri menunjukkan satu palu emas kepadanya

P : Ini bukan?

A : Bukan peri, paluku bukan palu emas

Peri menunjukkan palu yang lain

P : Kalau yang ini?

A : Bukan juga peri, paluku bukan silver

Peri pun menunjukkan yang lain

P : Ini?

A : Iya benar, itu paluku, paluku terbuat dari besi

Sungguh jujur si anak ini, seandainya dia mrngaku palunya emas, dia bisa membeli segala macam yang dia inginkan. Tapi dia tetap jujur dan tidak serakah. Karenanya si peri menghadiahkan palu emas dan silver itu kepada si anak.

Semoga anak2 kelak jafi anak yang selalu jujur.
Bekasi

8 des 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 9

Di hutan ada seekor kura-kura yang serakah dan tidak mau bersyukur. Dia mengeluh kenapa dia nggak bisa jalan cepat atau bahkan terbang seperti hewan lain, padahal dia ingin sekali keliling dunia. Mendengar keluhan kura-kura, tikus yang tidak sengaja lewat dan mendengar keluhannya menyarankan agar kura bertemu dengan kancil, karena kancil terkenal dengan kecerdikannya. Siapa tau kancil bisa membantumu kura-kura, kata tikus.

Kura pun pergi menemui si kancil. Dia sampaikan kalau dia ingin sekali keliling dunia, tapi dia nggak bisa jalan cepat. Kancil pun diam sejenak. Dia berkata kalau dia punya solusinya, tapi itu tidak mudah dan beresiko tinggi. Kura-kura tidak peduli seberapa tinggi resikonya, yang penting dia benar-benar bisa keliling dunia.

Kancil pun menyuruh nya untuk kembali lagi esok hari. Dia menyuruhnya datang ke danau jam 7 pagi. Kura nggak sabar menunggu esok hari hingga dia tidak tidur semalaman.

Esok harinya kura sudah menunggu di tepi danau, kancil pun tak lama muncul di hadapannya. Ternyata kancil mengajal dua sahabatnya yaitu si burung bangau. Kura tidak sabar, dan ingin sekali segeera keliling dunia. Kancil berkata, cara untuk keliling dunia adalah ikut terbang bersama burung bangau. Bagaimana caranya? Kura cukup bergelantungan dengan menggigit tongkat yang dibawa oleh dua burung bangau, tapi kura2 tidak boleh berbicara saat terbang. Kura-kura pun semangat sekali dan tidak sabar untuk segera terbang keliling dunia.

Akhirnya kura-kura pun terbang dengan bergelantungan pada tongkat yang dibawa oleh bangau. Kura senang sekali, sampai dia lupa saat teriak kegirangan. Kura membuka mulutnya saking senangnya dan bisa ditebak apa yang terjadi selanjutnya. Kura pun lepas dari gelantungannya dan jatuh dari ketinggian.
Cerita ini ibu tujukan pada anak-anak agar selalu mensyukurii apa yang telah Allah anugrahkan, tidak perlu serakah dan iri melihat orang lain.
Bekasi

7 Des 2017

tata.pakerti

#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagibation

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 8

Di sebuah ladang, tinggal seekor kura2 yang suka sekali makan sayuran. Suatu hari, tikus datang menghampiri kura-kura, T : Hei kura, kamu tahu tidak kalau di ladang sebelah sedang panen sayuran? Banyaaaak sekali… Ayo kita kesana…

K : Kapan kamu mau kesana?

T : Tentu saja sekarang, keburu kehabisan nanti, kamu nyusul ya…

Tikus pun langsung meninggalkan kura-kura. Si kura-kura berpikir, dengan kecepatan larinya yang seperti itu, apa mungkin dia masih kebagian sayurannya. Nggak lama selang tikus pergi, datanglah si kangguru.

Ka : Hei kura, kenapa masih disini? Ayo ke ladag sebelah, nanti keburu habis loh

Ku : Iya aku nyusul sebentar lagi

Kura-kura nggak mau putus asa walaupun dia nggak bisa lari kencang seperti tikus dan kangguru. Dia pun mencari ide, di ladang ini pasti ada alat atau barang yang bisa dia gunakan untuk pergi ke ladang sebelah dengan cepat. Apalagi pemilik ladang punya anak yang pasti punya banyak mainan. Kura coba dari mainan semacam peer, mungkin dia bisa berjalan seperti kangguru kalau pake peer. Ternyata peer itu hanya lompat di tempat. Kura pun memutar otak kembali, sepertinya aku butuh sesuatu yang memiliki roda. Dia coba dengan keranjang gerobak yang beroda satu. Aaah…malah nggak bisa jalan. Sampai akhirnya kelinci datang.

Ke : Koq masih disini Kura? Ayo buruan

Ku : Iya nih, aku lagi cari cara cepat menuju kesana. Kamu tau kan jalanku lambat.

Ke : Kenapa nggak pakai papan seluncur?

AHAAAAA….ide cemerlang kata kura-kura. Dan dia pun akhirnya bisa pergi ke ladang sebelah.
Cerita ini untuk Kakak Almira, agar tidak mudah menyerah.
Bekasi

7 Dez 2017

tata.pakerti

#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 7

Cici adalah seekor kelinci yang hidup di keluarga besar. Kakak Cici ada 5, adiknya juga 5. Setiap hari rumahnya selalu ramai. Hidup dengan kesepuluh saudaranya membuat Cici harus mau berbagi setiap saat. Baik itu berbagi makanan, mainan sampai tempat tidur. Sampai suatu hari kemarahan Cici memuncak gara-gara dia terlempar dari kasurnya karena harus berbagi tempat tidur dengan adik-adiknya. Cici kesal sekali dan memutuskan untuk keluar dari rumah dan tinggal di tempat lain.

Tidak sulit bagi Cici untuk menemukan tempat tinggal baru, walaupun agak jauh dari rumahnya. Akhirnya aku hidup tenang sekarang, bisa tidur pulas tanpa ada yang mengganggu, tidak perlu berbagi apapun dengan siapapun lagi, kata Cici. 

Esok hari, Cici sarapan wortel seperti biasa, bedanya kali ini dia harus menghabiskan wortel sekeranjang sendiri, padahal biasanya sekeranjang tidak cukup untuk dia dan sepuluh saudaranya. Melihat itu Cici teringat akan saudara-saudaranya, apa mereka sudah makan, atau kelaparan. Selesai sarapan Cici bosan, tidak ada yang bisa dia ajak ngobrol, biasanya selalu ada aja pembicaraan antara Cici dan saudara-saudaranya. Cici pun coba bermain lompat tali, tapi…tidak ada lawan bermainnya. Tiba-tiba air mata mengalir di pipi Cici, dia merasa kesepian. Ternyata Cici sangat merindukan kebisingan rumah nya. Akhirnya dia pun memutuskan untuk kembali ke rumah, dan menerima bahwa berkumpul dengan keluarga adalah hal yang paling berharga walau harus berbagi apapun.
Cerita ini untuk Kakak Almira agar bisa saling berbagi dengan adik-adiknya.
Bekasi

6 Des 2017

tata.pakerti

#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 6

Burung merak adalah burung yang mempunyai ekor panjang, besar, dan lebat. Dia sedih kenapa hanya dirinya yang seperti itu, tidak seperti ayam ataupun burung lain. Burung merak ingin menanyakannya pada temannya yang bijak. Di jalan dia bertemu bebek uang sedang mengeluh juga. Kata bebek, kenapa sih kakiku lebar banget, nggak cantik kan jadinya. Mendengar itu, burung merak merasa tidak sendiri, lalu dia mengajak bebek untuk bertemu temannya yg bijak. Di jalan mereka pun bertemu rusa tanduk sedang duduk termenung. Kenapa kau termenung rusa, kata bebek. Aku sedih, setiap main petak umpet aku selalu kalah karena nggak bisa nyembunyiin tandukku yang besar ini. Mendengar cerita itu, burung merak dan bebek mengajaknya untul ikut juga bertemu temannya yang bijak. Sampai di tempat tujuan, si teman bijak sedang asik happy bernyanyi riang. Bebek pun menyapanya, Hei gajah, kamu bahagia banget sih, cerita donk. Gajah pun tertawa, eeeh ada kalian, iya aku lagi bahagia mensyukurii kakiku yang besar2, telingaku yang lebar, belalaiku yang panjang. Bebek heran, wah koq bisa sih kamu bahagia dengan badanmu yang beda itu, kita aja sedih kenapa kakiku lebar banget, burung merak pun sedih kenapa ekornya besar banget, rusa juga sedih kenapa punya tanduk besar. Tentu saja aku bahagia, karena aku mensyukurinya, tidak ada yang punya tubuh seperti ini selain aku, jawab gajah. Kalian harusnya bersyukur, seperti kamu merak, cuma kamu yang punya ekor secantik itu, bebek kalo nggak punya kaki lebar mana bisa berenang bebas semacam itu, dan kamu rusa kan enak kalo petak umpet kamu bisa sembunyi di dekat pohon, jadi nggak ada yang tau kamu pohon atau rusa.
Cerita untuk kakak yang kadang suka menanyakan kenapa rambutnya keriting, kenapa dia nggak punya ini itu, sedangkan temannya punya.
Bekasi

5 Des 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 5

Cerita sebelumnya…

Kurcaci penjaga yang ditemui oleh ular mengatakan bahwa syarat untuk menjadi hewan terbuas dengan ramuan itu, tidaklah mudah. Dan jika ular tidak memenuhi atau melanggarnya, balasan lebih berat akan menimpanya. Ular tidak peduli dengan syarat tersebut, dan akhirnua dia mendapatkan ramuan yang dia inginkan. 

Selepas pergi dan meminum ramuan hebat, ular bertemu dengan rusa. Dia pun langsung memamerkan kekuatannya. Karena dasarnya si ular itu sombonh dan suka bohong, dia pun menambah-nambahkan cerita kalau dengan kekuatannya dia baru saja mengalahkan singa si raja hutan. Dan benar, kebohongan pertama membuat satu kakinya hilang seketika. Dia pun tidak mempercayainya dan melanjutkan perjalanan. Di tengah perjalanan, dia bertemu dengan serigala. Serigala pun heran dengan kaki si ular. Ular menjelaskan bahwa dia baru saja bertarung dengan singa, dan untuk mengalahkan singa, dia harus kehilangan satu kaki. Tak lama dia bercerita tentang kebohongannya, satu kaki ular pun hilang. Ular panik dan ingin kembali menemui kurcaci, mungkin kurcaci punya penangkalnya. 
Belum sampai bertemu dengan kurcaci, ular bertemu dengan landak, dan landak menertawakan kondisi ular saat ini. Ular malu dan membuat kebohongan lagi. Seperti sebelumnya, setelah membuat kebohongan dia pun kehilangan satu kakinya lagi.

Kali ini ular ketakutan, akhirnya dia memutuskan untuk kembali menemui kurcaci penjaga, untuk menanyakan apakah ada ramuan penawar agar kakinya kembali seperti semula. Saat bertemu, kurcaci sudah tidak heran lagi, dia tahu pasti bahwa ular pasti telah melanggar syarat ramuan yang telah dia berikan. Ular tiba-tiba langsung protes, kenapa kakinya bisa hilang. Kurcaci pun menjawab, pasti kau sudah melanggar syarat yang telah aku katakan sebelumnya. Ular menjawab, “tidak mungkin!!!”. Kurcaci berkata, “pasti kau telah berbohong tiga kali, makanya kenapa kakimu hilang tiga”. Ular pun tetap dengan kebohongannya, “mana mungkin, aku hanya berkata sekali saja”. Tanpa sadar ular telah melakukan kebohongan lagi, dan sisa kaki yang dimiliki pun akhirnya hilang juga. Ular menyesali perbuatannya, bukan kekuatan yang dia dapatkan malah dia kehilangan semua kakinya sampai saat ini.
Bekasi

4 Des 2017

tata.pakerti

#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 4

Semalam anak-anak saya dongengin tentang hewan ular. Ini cerita murni saya karang sendiri. Tujuannya agar anak-anak dapat mengerti sifat-sifat yang tidak boleh dicontoh, seperti sombong, iri, dan suka berbohong. 

Jadi di cerita saya, dulu kala ular itu hewan yang tak berbisa, dan berkaki empat. Tapi dia iri melihat soaok singa yang berkuasa di hutan. Suatu hari si ular mendengar kabar kalau di hutan sebelah ada ramuan hebat yang bisa membuat si ulatlr menjadi hewan buas yang lebih hebat dari si raja hutan. Dia pun memutuskan untuk menemukannya. Sampai di hutan sebelah, dia bertemu seekor kambing. Dia bertanya, apakah benar ada ramuan seperti yang diberitakan. Dan kambing pun mengiyakan, tapi kambing menasihati ular bahwa untuk mendapatkan ramuan itu tidak mudah. Ular tidak peduli, dia tetap pergi mencari. Sampai di tempat tujuan, dia bertemu dengan kurcaci penjaga. Ular pun mengutarakan keinginannya. Kurcaci berkata syaratnya tidak mudah, dan jika ular melanggarnya, ular akan mendapat balasan yang lebih berat.

Tapi akhirnya cerita ini belum sempat saya selesaikan karena sudah tertidur pulas 😂😂😂.

To be continued
Bekasi

3 Des 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 3

Anak-anak emosinya memang masih susah diatur, kadang kalau lagi bad mood atau ngantuk, pasti pelampiasannya marah-marah terutana dengan asisten saya. Kadang nggak tega lihatnya, kalaupun diingetin dengan ancaman pulang kampung, sadarnya saat itu aja, besoknya begitu lagi 😢. Kali ini saya coba pakai dongeng seorang anak yang suka marah-marah sama ibunya. Tapi uatu hari dia tersadar hanya karena melihat induk burung yang bolak balik mendatangi sarangnya untuk memberi makan anak anak burung. Dari situ lalu si anak pemarah tadi menyesali sifatnya selama ini.
Bekasi

2 Des 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip

Grab Your Imagination : Day 2

Hari ini melihat keseharian anak-anak yang kurang mendengarkan kalau dipanggil atau diminta sesuatu, membuat saya mempunyai ide untuk menceritakan dongeng katak dan ibunya. Si katak yang nggak pernah mendengarkan apa kata ibunya. Disuruh A malah ngerjain B, disuruh ke kanan malah ke kiri. Sifat anak katallk ini membuat ibunya kewalahan sampai akhirnya jatuh sakit. Sakit yang berlarut-larut membuat ibu katak merasa seperti akan meninggalkan dunia ini. Lalu si ibu berwasiat kepada anak katak. Kalau ibu sudah tiada, ibu meminta untuk tidak di kubur di atas gunung, tetapi kuburlah ibu di pinggir sungai. Permintaan ibu katak ini mengandung arti bahwa nantinya si katak akan mengubur dirinya di atas gunung, karena selama ini katak nggak pernah mau mendengarkan ibunya. Sampai pada akhirnya si ibu katak benar-benar meninggal. Anak katak pun sangat amat menyesal karena selama ini tidak pernah mendengar kata ibunya. Dan karena penyesalannya kali ini dia benar-benar mendengarkan wasiat si ibu, si ibu dikubur dipinggir sungai. 
Saat musim hujan ternyata air sungai meluap, katak pun khawatir akan kuburan ibunya. Dan benar kuburannya rusak dan jenazah ibu katak hilang hanyut kebawa air sungai. Dan katak pun menyesal seumur hidupnya.

Bekasi

2 Des 2017

tata.pakerti
#tantangan10hari

#level10

#grabyourimagination

#kuliahbunsayiip