Mari Memanciiiiing

Hari kedua ini, kita mau memancing ikan. Tapiii…bohongan hehehe, maksudnya mancing-mancingan ikan-ikanan, bukan mancing beneran dan bukan ikan beneran 😁. Seperti apakah itu?
Bahan yang perlu disediakan adalah :

– magnet

– benang kasur

– stik kayu (saya pakai sumpit)

– kertas karton

– klip kertas

– pena

– pensil warna atau crayon
Saya mulai dengan menggambar pola geometri di kertas karton. Polanya simple aja, segiempat, persegi panjang dan segitiga, sebanyak-banyaknya. Lalu saya minta Kakak Almira untuk mengguntingnya. Walaupun belum rapi, alhamdulillah berhasil juga dan yang paling penting dia tidak menyerah kalau ada pola yangsedikit susah. Kemudian saya bantu hias potongan geometrinya dengan bentuk ikan. Lalu Almira melanjutkan dengan mewarnai sesuai dengan seleranya, asal masing-masing potongan hanya satu warna. Selanjutnya di bagian mulut ikan saya selipkan penjepit atau klip kertas. Kemudian saya buat pancingan dari sumpit dan tali kasur. Taraaa…kegiatan memancing sudah siap 😉.

Walaupun sebenarnya kegiatan ini saya khususkan untuk Almira, tapi Nayla tetap saya libatkan. Saat kakak sibuk menggunting dan mewarnai, Nayla saya sibukkan juga mewarnai di kertas terpisah. Saat kegiatan memancing saya libatkan Nayla untuk menambahkan rasa persaingan yang positif tentunya. Pertama saya minta mereka berlomba untuk memancing ikan sebanyak-banyaknya. Kedua saya beri instruksi untuk memancing ikan sesuai dengan warna yang saya minta. Yang ketiga, instruksi saya adalah berdasarkan pola geometrinya. Nah…dibagian ini Nayla belum ngerti 😅, gpp yah nak…nanti lama-lama juga bisa.

Tujuan pembelajaran ini adalah untuk melatih  motorik halus Kakak Almira dan Kakak Nayla. Saat menggunting, Almira bisa melatih kemampuan mengguntingnya, saat memancing Kakak Almira dan Kakak Nayla berlatih untuk memfokuskan mata dan tangannya agar ikan bisa kepancing. Selain itu, kegiatan ini juga melatih kemampuan visual mereka, seperti mengenal warna dan pola geometri. Dan untuk kemampuan audionya bisa mereka dapat dari instruksi atau perintah yang saya minta. Permainan sederhana yang banyak manfaatnya kan… 😉.

Untuk agenda Nayla, sebenarnya juga sudah dilakukan tetapi, menurut saya sedikit gagal, mungkin karena bahan-bahan yang saya pakai kurang efektif.

Sebenarnya apa sih kegiatan untuk Nayla?

Jadi kegiatannya adalah menarik benda dalam selimut. Saya siapkan beberapa boneka mereka, lalu saya ikat satu per satu dengan yali kasur, kemudian saya tutp semua dengan selimut. Lalu meteka memilih tali mana yang ingin ditarik. Sebelum boneka yang dia tarik munvul dari balik selimut, saya minta mereka tebak dulu apa yang ada dibalik selimut. Tapiii…karena boneka terlalu kecil dan perbedaannya tidak terlalu signifikan, ditambah lagi selimut yang terlalu tebal, jadinya mereka susah menebak. Jangankan mereka, saya sendiri susah 😅. Padahal seharusnya dengan kegiatan ini bisa meningkatkan daya imaginasi dann daya ingat mereka dengan hanya melihat bentuk luar yang tertutup oleh kain. Tapi ya sudahlah…lain kali kita coba lagi, karena sudah waktunya istirahat siang, jadi kita akhiri dulu permainan ini 😉.
Bekasi

22 April 2017

tata.pakerti
#tantanganhari3

#level4

#gayabelajaranak

#kuliahbunsayiip

Leave a comment